Thursday, August 03, 2017

Resep membuat Pempek Kapal Selam dan Lenjer




Bunda, siapa yang suka empek – empek angkat tangannya ( sayaaa... teriak ibu ibu dari dunia maya sana tapi mungkin gak semua). Hahaha... aku tuh suka banget sama empek-empek bund, dan gak pandang bulu sukanya. Mau empek-empek ala restoran mau empek-empek ala abang-abang dorongan pinggir jalan, sikat ajalah pokoknya gak pake syarat dan ketentuan.


Sumber Gambar : https://www.instagram.com/p/BW7OjYGDeTj/?taken-by=noviagarnella
Nah, daripada beli terus ya mendingan mencoba belajar bikin sendiri ya bund. Pertama karena lebih irit ( kalau untuk skala besar), juga kita juga bisa belajar cara membuatnya. Barangkali aja bunda udah mahir buat empek-empek malahan bisa jadi bisnis sambilan dirumah.  ya kan ???...

Tapi sebelum menghayal terlalu jauh, mari kita belajar dulu gimana sih caranya membuat empek-empek. Variasi empek-empek sendiri ada banyak ya bunda , ada kapal selem, empek-empek lenjer, empek-empek adaan dan lain sebagainya. Tapi kali ini kita mau buat empek –empek kapal selem dan lenjer.

BAHAN  :

500 gr ikan tenggiri giling 
500 gr tepung sagu
2 sdm garam
2 sdt gula pasir
Secukupnya Telur ayam untuk isi
Bahan bubur tepung/biang :
80 gr tepung terigu 
400 ml air
4 bawang putih haluskan 


Bahan kuah cuko :
350 gr gula merah, disisir
100 gr asam Jawa
1500 ml air
1/2 sdt garam 
8 cabe rawit merah, haluskan 
1 1/2 sdm tongcai, haluskan 
2 sdm ebi haluskan 
8 siung bawang putih, haluskan

CARA MEMBUAT :

Untuk biang encerkan tepung terigu dengan air tambahkan bawang putih halus. Nyalakan api, aduk terus sampai jadi bubur yang sangat kental. Dinginkan.

Siapkan wadah masukkan ikan giling, garam gula, lalu tuang bubur tepung. Uleni hingga kalis

Tambahkan tepung sagu bertahap. Aduk rata menggunakan sendok kayu.


Ambil sedikit adonan (aku 130 gr) atau sesuai selera, bulatkan. Tekan tengahya dengan jari berbentuk mangkuk tinggi. Masukkan telur yang sudah dikocok. Rapatkan. Ulangi sampai seluruh adonan habis. Untuk empek-empek lenjer, cukup gulang adonan memanjang.


Panaskan air sampai mendidih kemudian, Rebus Pempek sampai matang dan mengapung.


kuah cuko :
didihkan air masukkan gula dan asam Jawa. Setelah larut masukkan bumbu halus dan garam, didihkan sebentar. Matikan api. Diamkan sampai dingin agak lama atau inapkan semalaman lebih enak, baru saring.

Mudahkan bunda,


Tips
** supaya gak bocor, sebelum membentuk kapal selam, Pecahkan dulu 1 telur lalu tuang ke gelas kecil, tuang/ambil sedikit putih telurnya ke wadah lain. Ini buat mencegah kalau telur meluber. Setelah telur nya dituang ke adonan, jika dirasa masih ada ruang baru deh tuang putih telur yang sebagian lagi.


**Jika ada sedikit telur yang merembes keluar saat merapatkan adonan, Taburi sedikit tepung supaya kering lagi, jangan ditambal adonan malah tidak akan menempel.


**Setelah tepung masuk jangan diuleni lagi, cukup diaduk pake sendok kayu. Biar gak alot.



SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi