Saturday, July 15, 2017

Resep Ayam Penyet Krispy Praktis dan mudah

Tags

Resep Ayam Penyet Krispy Praktis dan mudah
Resep Ayam Penyet Krispy Praktis dan mudah

Bunda,
rasanya sudah hampir satu bulan lebih gak posting resep dan apapun karna kesibukan selama ramadhan dan idul fitri.
sebelum kita ngobrol dan masuk keserep masakan izinkan saya untuk mengucapkan " Taqabbal minna waminkum". semoga amal ibadah kita diterima bagi yang menjalankan.

oke, setelah libur panjang, kali ini saya mau mengulik resep ayam penyet kripsy yang praktis dan mudah dibuat. langsung aja cek resepnya ya bunda.

Baca juga : Resep Kikil Kecap

Bahan :

1 ekor ayam
1 batang serai
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk nipis
1 sdt garam
Gula pasir secukupnya
200 ml santan kelapa atau bisa menggunakan santan instan
100 gr mentega
1 sachet tepung bumbu ayam krispy / kentucky
Minyak goreng
air

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah kemiri
5 cm lengkuas
1 cm jahe
1 sdm ketumbar

Bumbu Sambal penyet :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
8 buah cabai merah
10 buah cabai rawit atau sesuai selera
1 buah tomat
2 cm terasi
Gula, garam

Cara membuat :

Pertama –tama buat ayam ungkepnya terlebih dahulu. Cuci bersih ayam kemudian masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk , daun salam, gula, garam, mentega dan santan aduk rata. Masak sampai air surut dan empuk kurang lebih selama 25 – 30 menit.

Setelah air surut dan ayam empuk angkat ayam, sisihkan. Ambil air sisa rebusan ayam kemudian masukkan kedalam wadah, buang bumbu rempahnya seperti daun salam, serai dan daun jeruk. Setelah itu tambahkan dengan tepung bumbu ayam crispy secukupnya untuk membuat crispynya , jika terlalu kental bisa ditambahkan dengan sedikit air.

Panaskan minyak goreng ayam sampai kuning kecoklatan, angkat sisihkan. Kemudian masukkana adonan tepung crispy sampai kecoklatan dan kering. Angkat sisihkan kembali.

Goreng semua  bahan sambal kecuali gula dan garam, sampai tercium harum dan berubah warna. Setelah itu matikan api pindahkan bahan sambal ke dalam cobet, ulek halus tambahkan gula dan garam cicipi. Jika rasanya sudah pas, masukkan ayam yang telah di goreng kedalam cobek dan penyet. Taburkan dengan crispy  diatasnya. Sajikan dengan timun, selada dan kol sebagai pelengkap.



SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi