Thursday, May 25, 2017

Resep Cara Membuat Siomay Ayam Kuah

Resep Cara Membuat Siomay Ayam Kuah
Resep Cara Membuat Siomay Ayam Kuah


Bunda, Aku termasuk orang yang hobi ngemil baik cemilan ringan maupun berat. Apa aja deh baik jajanan pasar ataupun jajanan mall masuk perut selama masih ramah dikantong. Untungnya dengan hobi makanku ini, aku gak punya masalah sama berat badan.



Nah salah satu makanan favoritkku adalah siomay, biasanya siomay ini identik dengan bumbu kacang, kecap dan saus ya bunda. Tapi kali ini aku akan membagikan resep Siomay Ayam Kuah yang gak kalah ciamik sama siomay bumbu kacang.

Langsung aja cek resepnya ya bunda,


BAHAN dan BUMBU :


6 lembar kulit pangsit rebus, siap pakai

4 Buah tahu matang atau secukupnya

10 buah bakso sapi siap pakai



Adonan Isi, aduk jadi satu

200 g daging ayam cincang

100 g udang kupas cincang

2 siung bawang putih, parut

1 sdm bawang merah goreng, gerus halus

1 sdm tepung terigu

1 sdm tepung kanji
1 kuning telur ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Kuah
500 ml kaldu ayam
1 siung bawang putih, cincang, tumis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm daun bawang iris kasar


CARA MEMBUAT :

Pertama tama, jika kita menggunakan daging ayam bagian dada kita bisa memfillet dagingnya dan sisihkan tulang tulangnya, daging ayamnya dicincang atau digiling dengan menggunakan food processor dan tulangnya direbus dengan 1 liter air sampai menjadi setengahnya untuk dijadikan kaldu ayam, setelah itu mendidih matikan api dan buang tulang ayamnya. Sisihkan

Campurkan semua bahana adoanan isi pangsit menjadi satu, aduk rata sampai semua bahan tercampur. Jangan lupa cicipi sedikit , jika kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam, sisihkan



Siapkan mangkuk-mangku kecil tahan panas, oelsi sedikit minyak di seluruh permukaan kemudian Lapisi masing-masing dengan kulit pangsit.




Isi dengan adonan isi kulit pangsit tersebut dengan adonan ayam yang telah dibuat sebelumnya, 

Kukus dalam kukusan panas hingga matang kurang lebih selama 10 -25 menit sampai matang, setelah matang pindahkan dalam wadah.


Tumis bawang putih sampai harum kecoklatan, kemudian masukkan kedalam kaldu ayam yang telah dimasak sebelumnya. Masak kembali kurang lebih selama 10 menit , jangan lupa tambahkan gula, garam , lada bubuk dan daun bawang atau seledri jika suka . Tambahkan juga Bakso dan tahu matang.

Jika ingin disajikan Siapkan mangkuk,taruh siomay dalam mangkuk saji Kemudian tuangi Kuah panas, sajikan segera.

Mudahkan Bunda,


SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi