Tuesday, October 31, 2017

Resep Membuat Mie Aceh Sederhana


Bunda,
Beberapa hari yang lalu suami bawa pulang satu porsi mie gomak khas batak, nah kebetulan mie dan kuahnya terpisah alhasil kebanyakan makan sayurnya daripada mienya. Jadi dan mie nya tersisa, dan sengaja di simpan di kulkas. Mubazir kayanya dibuang. Heheh..

Tuesday, October 24, 2017

Resep Membuat Ayam Saus Nanas yang Nikmat dan Praktis



Bunda,
Beberapa hari absen dari sesi tulis menulis. Alasannya banyak, tapi intinya fikiran masih sibuk mikirin ini itu yang gak selesai – selesai. Moodnya juga kurang bagus, jadi maunya tiduran sambil nonton TV atau main HP. Seharian dengan rutinitas yang sama. Ditambah lagi mood masak lagi ancur berat, jadi malah gak bisa sharing resep ke blog.

Monday, October 09, 2017

Resep Cah Tofu Sayur Campur Mete yang gurih menggoda


Siapa yang suka kacang mete ? kacang yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan rasanya yang gurih menggoda. Aku termasuk salah satu penggemar kacang – kacangan, apalagi mete.  Dan untungnya badanku khususnya wajar tidak pernah bermasalah dengan kacang. Jadi makan sebanyak apapun gak takut timbul jerawat.

Friday, October 06, 2017

Resep Membuat Pecakan Pe / Ikan Pari Asap


Ikan Pe memiliki banyak sebutan di berbagai daerah, di jakarta sendiri terkenal dengan nama ikan pari asap. Harga pari asap perbuah mulai dari Rp. 2.000 sampai dengan Rp. 2.500 dengan ukuran kurang lebih 5 x 5 cm. Itupun tidak banyak pedagang yang menjual ikan ini dipasar tradisional apalagi di supermarket besar. Karena biasanya pengrajin atau pembuat ikan pari ini menyesuaikan dengan hasil tangkapan nelayan setempat, jadi wajar kalau keberadaannya tak sebanyak ikan – ikan lain di pasaran.

Thursday, October 05, 2017

Resep Membuat Kue Onde – Onde yang Mudah


Siapa yang tidak kenal onde – onde, makanan yang satu ini memiliki penggemar dari berbagai usia, dari mulai anak kecil sampai orang tua. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan yang satu ini cocok dijadikan cemilan  atau teman minum teh.   Kue onde – onde terbuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang hijau yang sudah dilumatkan kemudian dilumuri dengan biji wijen yang membuat rasanya semakin gurih dan enak. kue onde – onde dipasaran biasanya berwarna kuning kecoklatan tapi ada juga yang berwarna hitam , atau hijau.

Monday, October 02, 2017

Resep Membuat Orak Arik Telur Sayuran Praktis dan Mudah


Bunda,
Dirumah aku selalu stok telur ayam mentah, karena hampir semua keluarga suka telur. Selain itu telur juga salah satu bahan makanan yang bisa dibuat beraneka ragam makanan, mulai dari masakan, cemilan sampai kue.  Jadi telur itu wajib ada di daftar belanjaan, dan kalaupun habis langsung beli lagi.

Resep Membuat Asem – Asem Iga Sapi yang Segar


Selamat pagi bunda,
Pagi – pagi aku nyolong waktu buat share beberapa resep masakan. Mumpung mesin cuci belum mati jadi ada sekitar 20 menitan buat ngeshare resep masakan. Kali ini aku mau berbagi resep membuat Asem – Asem Iga Sapi yang segar dan nikmat.

Sunday, October 01, 2017

Bahaya Polusi Udara dan 5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara


Sekarang ini polusi udara  menjadi masalah yang harus dihadapi setiap hari apalagi untuk masyarakat yang tinggal dikota – kota besar. Polusi terbanyak di perkotaan disebabkan karena asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan pembakaran sampah . Kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak yang ditimbulkan akibat kebisaannya sehari – hari itulah yang menyebabkan angka polusi terus naik.  Selain itu minimnya ruang hijau di perkotaan juga ikut berpengaruh langsung pada kualitas udara disekitarnya.  Kendala lain yang dihadapi masyarakat di perkotaan adalah minimnya lahan untuk menanam tanaman apalagi pohon,  membuat mereka berfikir dua kali untuk memasukkan tanaman kedalam rumah.

Friday, September 29, 2017

Resep Membuat Chocolate Lava Cake


Bunda,
Angkat tangan siapa yang suka sama coklat ? pasti kebanyakan bilang suka. Karena makanan yang satu ini punya banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Karena memiliki rasa yang manis dan sedikit pahit dan memiliki aroma harum yang khas. Coklat yang biasa kita temui dipasaran biasanya adalah produk – produk olahan coklat, mungkin kalau kita memakan coklat asli tanpa ada campuran apapun mungkin juga belum tentu suka apalagi anak – anak.

Wednesday, September 27, 2017

Resep Membuat Terong Sambal Petai


Bunda,
Petai merupakan makanan yang cukup kontroversional di indonesia, pasalnya petai memiliki aroma khas yang cukup menyengat seperti halnya jengkol. Selain memiliki bau khas yang tertinggal di mulut, petai atau pete juga menyebabkan bau yang menyengat pada urin orang yang mengkonsumsi pete. Jadi kalau makan pete hari ini siap-siap kamar mandi anda berubah menjadi wangi toilet umum.

Tuesday, September 26, 2017

Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas

Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas
Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas. Sumber gambar : Instagram/Qoechingphie

Bunda,
kadang agak dilema ya kalau satu rumah tapi seleranya beda- beda apalagi soal makanan, jadi agak repot harus mikir masakan yang semuanya bisa makan atau juga harus dimasakin semua makanan sesuai seleranya masing – masing. Selain boros uang, waktu dan juga tenaga. Sama nih kaya aku, suamiku seneng makan tongkol , jadi sering banget request masak ikan tongkol. Bisanya tongkolnya Cuma dimasak balado atau di bumbu kuning. Tapi aku gak suka, karena teksture daging tongkol yang tebal dan agak keras . Selain itu jadi males makan juga karena bumbunya kurang meresap kedalam dagingnya.

Sunday, September 24, 2017

Resep Membuat Bolu Pisang Tanpa Mixer


Bunda,
Aku termasuk orang yang gak terlalu suka makan buah secara langsung, aku lebih senang makan buah dalam bentuk jus. Keculi tentu beberapa buah seperti kelengkeng dan semangka, aku masih suka makan langsung. Karena pertama lama ngupasnya, males ngunyahnya, dan alasan lain yang kadang juga gak masuk diakal. Nah buah favorit suami dan anakku tuh pisang, kadang beli satu sisir tapi gak habis karna si sulung lebih seneng maininnya, udah dibuka digigit sekali dan ditinggalkanlah tanpa tanggung jawab. Akhirnya pisang jadi benyek dan menghitam, mau dibuang sayang. Di jus juga menurut aku pribadi juga kurang enak. Meskipun ada juga yang suka jus pisang.

Thursday, September 14, 2017

Resep Membuat MATCHA PUDDING with VANILLA SAUCE




Resep Membuat MATCHA PUDDING with VANILLA SAUCE
Sumber Gambar : Instagram/indahpalupid
Akhir-akhir ini jakarta luar biasa panasnya. Minum es saja rasanya gak cukup, pengen ngemil tapi yang seger – seger gitu.  Banyak sih orang bilang enakan kalau panas gini makan rujak buah. Tapi aku termasuk orang yang gak terlalu doyan rujak buah.  Buat aku buah itu lebih enak di juss, seger langsung ngalir ke tenggorokan. Nah kefikiran deh buat bikin puding.

Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba


Aku termasuk orang yang suka minum teh dan kopi. Bahkan sudah menjadi kebiasaan dan rasanya seperti ada yang kurang kalau belum minum teh seharian. Kebiasaan itu bukan tanpa alasan atau Cuma sekedar ikut-ikutan. Bahkan kebiasaan minum teh sudah datang dari kecil, karena memang aku tinggal dengan  nenek dan buyut di kampung yang punya kebiasaan ngeteh tanpa kenal waktu. Pagi – pagi mereka sarapannya teh pahit panas dengan singkong kukus yang ditaburi kelapa parut. Atau tiwul, atau ketan hitam, kadang juga gemlong, atau uli bakar, tidak hanya terbatas makanan manis,  tapi bahkan makanan gurih seperti geblek, larawan, dan banyak lagi makanan khas cirebon lainnya yang ada disekitar rumah. Makanan pendampingnya sih selalu ganti – ganti setiap hari tapi minuman wajibnya tetap teh pahit panas. Apalagi teh yang dipakai bukan teh   celup tapi teh tubruk, jadi kebayangkan gimana pahitnya. Kadang aku minta dibuatkan khusus teh dengan tambahan sedikit gula batu, dan cara minum teraman untuk teh panas adalah dengan menuangkannya keatas tatakan dan menyeruputnya perlahan.

Wednesday, September 13, 2017

11 Manfaat dan Kontradiksi dari secangkir teh untuk kesehatan Tubuh

11 Manfaat dan Kontradiksi dari secangkir teh untuk kesehatan Tubuh
Sumber Gambar : Instagram Qoechingphie

Berbicara mengenai teh tentu semua orang sudah tau tentang minuman yang satu ini. Teh adalah minuman favorit rakyat indonesia kebanyakan, disajikan baik panas maupun dingin. Dan bisa menjadi teman ngemil sampai teman makan.  Saya sendiri termasuk pencinta teh, biasanya saat pagi atau di tempat dingin saya lebih suka minum teh hangat yang ditemani dengan cemilan manis. Selain itu,  saya juga sering meminum es teh manis sebagai pendamping makanan saat berkuliner ria. Selain harganya yang terjangkau, teh juga mudah ditemukan dimana – mana. Baik di warung kaki lima sampai restoran sekalipun. Pecintanya pun bukan hanya dari kalangan orang tua, tapi remaja sampai anak – anak menyukai teh.

Sunday, September 10, 2017

Resep Membuat Nasi Kebuli rumahan yang enak



Bunda,
Punya daging tapi bingung mau dimasak apa ? kalau disate males bakarnya, kalau bakar di kompor rasanya kurang nikmat juga. Nah gak usah bingung lagi, mendingan daging ayamnya diolah untuk masakan Nasi Kebuli versi rumahan yang gak kalah enak sama restoran.

Saturday, September 09, 2017

Resep Membuat Martabak Manis Coklat Praktis Anti Gagal


Bunda,
Kali ini aku mau sharing resep Martabak Manis yang Praktis dan Anti gagal. Kenapa dibilang anti gagal karena resep ini gampang banget simpel dan bisa dicoba sama seluruh ibu – ibu yang mau mencobanya. Hahah...

Friday, September 08, 2017

Resep Membuat Oseng Kulit Melinjo Nikmat


Bunda,
Apakah bunda suka makan melinjo ? sayuran yang satu ini biasanya dijadikan tambahan atau pelengkap di sayur Asem. Dan biji melinjo juga biasa dijadikan emping yang gurih. Tapi siapa sangka kulit melinjo yang matang juga ternyata enak untuk di olah menjadi masakan, salah satunya masakan yang dapat dibuat dengan kulit melinjo adalah Oseng tumis melinjo.

Wednesday, August 30, 2017

Resep Membuat Sate Goreng Sapi yang nikmat dan praktis


Bunda,
Sebentar lagi Idul Adha, Hari raya umat islam dimana muslim yang memiliki kelebihan rizqi berkurban untuk Allah swt. Biasanya di Indonesia hewan kurbannya berupa kambing atau sapi. Daging hasil pemotongan hewan kurban juga biasanya akan diberikan kepada orang – orang yang tidak mampu dan warga sekitarnya. Nah biasanya aku juga dapet walaupun gak banyak.

Monday, August 28, 2017

Mengenal lebih dekat keindahan Corak Batik Mega Mendung Cirebon


Batik,
Kata ini merupakan salah satu kata yang melambangkan Indonesia. Sejak diakuinya batik Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009 sebagai warisan budaya dunia, batik mulai dikenal luas oleh dunia dan menjadi kebanggan Indonesia. 2 Oktober telah dijadikan hari Batik Nasional di Indonesio. Dan di beberapa daerah telah di berlakukan peraturan untuk hari tertentu PNS diwajibkan memakai batik. Sebelumnya memang banyak pengrajin di negeri kita tapi kecintaan bangsa Indonesia atas kebudayaan dan kekayaan lainnya baik bersifat alam maupun tradisi membuat batik sempat di klaim negara lain. Sejak saat itu banyak sekali aktifis sosial dan para produsen pakaian yang mengangkat batik dan kembali mengajak masyarat untuk mencintai batik. Meskipun sedikit terlambat, tapi lambat laun semua kembali sadar dan mencintai batik sebagai bagian dari warisan yang harus dilestarikan. Dan berkat tangan – tangan dingin para pekerja seni di bidang fashion batik tidak hanya menjadi satu pakaian adat yang bersifat monoton , formil atau kuno. Batik kini sudah disulap menjadi pakaian yang bisa dipakai baik untuk acara formal ataupun sehari- hari. Dengan model dan gaya yang mengikuti perkembangan trend mode saat ini.

Resep Membuat Capcay Tofu Kuah Resto

Bunda,

Beberapa hari masaknya ala kadarnya aja, berhubung mood masih mengatung-ngatung. Mas misua sempet nanya kenapa, ya kalau malas kadang gak perlu alasan dan kalau sudah banyak beralasan untuk masak intinya malas. Hahah... 

Friday, August 25, 2017

Jasa Penulisan Artikel Murah, Berkualitas dan Terpecaya

Jasa Penulisan Artikel Murah, Berkualitas dan Terpecaya
Jasa Penulisan Artikel Murah, Berkualitas dan Terpecaya


Di zaman sekarang ini, orang lebih banyak membaca berita atau mencari informasi melalui smartphonenya. Oleh karena itu perkembangan situs penyedia berita maupun informasi seperti blog makin marak di dunia maya. Para pemilik blog berlomba untuk membangun blog dengan tujuan menarik orang lain untuk berkunjung, kontennya pun beragam dari mulai berita sampai urusan rumah tangga. Tapi tidak semua orang yang memiliki blog bisa menulis materinya sendiri. Hal ini dikarenakan mungkin karena keterbatasan waktu, ide ataupun alasan lainnya.

Resep membuat Salisbury Steak isi Mozarella saus bawang yang lezatnya meleleh di mulut



Bunda,
Kali ini aku mau sharing resep Salisburry Steak isi mozarella dengan saus bawang. Bagi yang belum mengetahui apa itu salishburry steak, sedikit saya jelaskan terlebih dahulu. Salisbury steak adalah nama sebuah olahan daging cincang yang dibumbui kemudian dibentuk bulat. Salisbury ini cukup terkenal diberbagai belahan dunia, di jepang salisbury steak ini dikenal dengan sebutan hanbagu atau nama lain dari hamburger. Di hawai disebut lomocco, sedangkan salisbury steak sendiri merupakan sebuah nama kota di inggris.

Thursday, August 24, 2017

Resep membuat Red Velvet Oreo Cake


Bunda,
Bingung membuat cemilan enak untuk anak – anak dirumah. Atau ingin membuat kue yang gak biasa , cobain deh kue Red Velve Oreo cake yang satu ini. Seperti yang kita tau oreo adalah salah satu makanan favorit anak-anak, selain rasanya yang manis, agar gurih dengan krim susu atau krim strowberry di tengahnya membuat biskuit yang satu ini gak cukup Cuma makan satu. Bahkan sering kali, saya sebagai orang tua pun ikutan keenakan memakannya.

Antara Legenda dan Rasa Resep Tahu Gejrot kuliner cirebon khas


Siapa yang sudah merasakan kelezatan kuliner yang satu ini ? yang sudah pernah merasakannya mungkin tau kekhasan rasa dari tahu gejrot itu sendiri berasal dari kuah nya yang memberikan rasa yang unik tapi nikmat. Bagi yang belum pernah mencobanya silahkan datang sendiri ke cirebon , atau sekarang sudah banyak yang menjajakan tahu gejrot di perkotaan. Dijamin ketagihan, karena saya adalah salah satu orang cirebon yang sangat tergila – gila dengan kuliner khas yang satu ini.